Sabtu, 07 Januari 2017

Terus Bergerak ke Depan

Terkadang kita lupa untuk bergerak ke depan. Ya, kita hanya mutar-mutar saja. Nggak maju. Kita hanya mempersoalkan politik yang itu-itu aja. Kita nggak berusaha berkontribusi menyumbangkan apa gitu kek yang membuat dunia jadi lebih baik. Ya, kita memang nggak bisa mengubah dunia tapi setidaknya kita menginspirasi seseorang untuk berubah lebih baik.

Mengapa aku menulis ini?

Ya, aku teringat sama tayangan National Geographic tadi tentang ruang angkasa. Ternyata, banyak sekali misteri yang belum kita ketahui, masih banyak hal yang belum kita ungkap. Dan, yang paling membuatku berkesan adalah tentang bagaimana para antariksawan pada masa itu, tahun 90-an, menggunakan teleskop Hubble untuk menjelajahi angkasa. Bayangkan saja bro, gambar yang dicetak saja masih hitam-putih namun mereka, orang-orang NASA itu terus mengembangkan teknologinya sehingga dapat menghasilkan cetak warna dengan warna merah sebagai oksigen, biru sebagai hidrogen, hijau sebagai apa, oranye sebagai apa. Dan ternyata teknologinya terus dikembangkan sehingga bisa memadupadankan berbagai gambar dengan objek yang sama sehingga membentuk citra 3 dimensi. Dan itu membuatku... wow.

Lalu, akupun membayangkan pada diri ini. Ah, bisa apa sih aku? Baru bisa sedikit script Python saja sudah senengnya minta main. Baru bisa markdown. Baru bisa make MBTI. Baru bisa make Anates, Iteman, SPSS, Anajhon, Anbuso, hitung manual. So, kemampuan kita ini belum ada apa-apanya. Kita masih jauh dari teknologi NASA. Lantas, mengapa tidak berkembang? Di sini aku tidak mempermasalahkan apakah kita memamerkan segala hal yang kita lakukan ataupun tidak. Yang penting satu pesan di tulisan ini adalah kita harus terus berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Kita Benar-Benar Bisa Berubah?

Alasan pertama memilih Psikologi adalah:  I wanna change! Kalau menurut teori Psikoanalisis kan, setiap manusia itu dipengaruhi oleh...